Cara Penggunaan Hook/Ganco Yang Sesuai Untuk Pemakaian

Cara penggunaan hook / ganco untuk kapal dan industri tentunya harus Anda perhatikan. Agar Anda bisa dapatkan fungsi hook atau ganco yang sesuai keinginan. Hal ini mengingat bahwa hook dalah alat yang digunakan untuk membantu mengangkat beban dengan cara dikaitkan. Jadi untuk memperoleh pengangkatan dengan hasil maksimal, Anda harus bisa pastikan hook atau ganco tersebut sesuai standar Indonesia dengan penggunaan yang sesuai.

Untuk ganco atau hook pada dasarnya memiliki fungsi yang sama karena memang bentuknya yang tanda tanya cocok sebagai alat kait. Namun untuk perlu Anda ketahui, karena jenisnya yang bermacam-macam tentu saja memiliki keamanan yang berbeda-beda. Nah untuk mendapatkan keamanan yang baik, satu hal yang harus Anda ketahui apapun jenis hook hal terpenting yaitu cara penggunaannya yang benar. Karena jika penggunaan tidak sesuai, tentu saja akan menimbulkan bahaya.

Bahaya yang ditimbulkan akibat dari penggunaan hook yang tidak sesuai seperti berikut :

  • Beban atau barang yang diangkat menggunakan hook akan terlepas dan jatuh.
  • Barang yang jatuh akan menimpa orang yang ada disekitarnya dengan resiko kematian.
  • Pengunci atau Latch kit akan terlepas jika trigger hook mengalami tekanan.
  • Mengangkat beban dengan posisi hook miring, ini bisa dapat menyebabkan selip sehingga akan membuat jatuhnya barang atau beban yang diangkat.

Jika Anda sudah tahu bahaya yang akan ditimbulkan jika menggunakan hook tidak benar, tentunya hal itu tidak ingin terjadi pada Anda bukan? Untuk itu, Anda bisa perhatikan penggunaan hook yang benar berikut :

  • Lakukan pemeriksaan berkala apakah ada keretakan, cuil, bengkok dan faktor lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan pada hook. Pastikan juga yang memeriksa adalah orang yang berpengalaman agar pemeriksaan dilakukan dengan benar.
  • Untuk penggunaan hook bekas harus dilakukan inspeksi dengan magnetic particle dan Dye Penetrant oleh ahlinya secara berkala terlebih dahulu.
  • Jangan menggunakan hook yang sudah mengalami pemegaran leher maksimal 5% dari bentuk awal.
  • Bila hook bengkok jangan digunakan lagi, dan jangan mencoba untuk meluruskannya untuk digunakan.
  • Berat beban tidak boleh melebihi working load hook.
  • Dilarang memperbaiki, meluruskan, mengerjakan ulang ataupun membentuk ulang hook dengan cara dipanaskan, dibakar, dilelehkan ataupun di press.
  • Pastikan penggunaan hook tidak terhalang balok.
  • Jangan menggunakan hook dengan posisi dimiringkan.

Itulah cara penggunaan hook yang benar dan tentu saja dengan tujuan agar hook yang Anda miliki lebih awet. Namun perlu Anda ketahui juga, pemakaian hook atau ganco ini juga harus sesuai dengan jenis hook karena jenisnya memang beragam. Anda bisa lihat jenis-jenis dan bentuk hook tersebut di website Kami.

Jadi jangan ragu lagi, pastikan menggunakan hook atau ganco yang Anda miliki sesuai dengan petunjuknya ya. Anda bisa menggunakan hook tersebut sesuai cara penggunaan hook yang telah kami informasikan. Jika Anda memiliki hook namun sudah rusak dan ingin menggantinya yang baru, Anda tidak perlu berpindah tempat. Karena Kami UD.Samudra Jaya menjual hook atau ganco berbagai jenis dan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Segera pesan sekarang kebutuhan Anda di tempat Kami. Informasi lebih lanjut dan pemesanan Anda bisa langsung hubungi Kami sekarang juga.

UD Samudra Jaya © 2015-2017
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!