Petunjuk Pemasangan Eye Bolt Dan Cara Penggunaannya

Petunjuk pemasangan eye bolt dan cara penggunaanya akan Kami informasikan kepada Anda. Khususnya Anda yang saat ini akan melakukan pemasangan eye bolt pada perkapalan dengan tujuan agar pemasangan eye bolt dapat dilakukan dengan benar dan tentunya dapat berfungsi dengan baik. Apalagi fungsi eyebolt yang digunakan sebagai sarana untuk penyambung barang yang akan diangkat dengan sling.

Maka dari itulah, Kami UD.Samudra Jaya akan berbagi informasi informasi tersebut. Namun sebelum lakukan pemasangan mari mengenal eye bolt.

Eye bolt ini memiliki bentuk seperti mur, hal ini memiliki ulir dengan tujuan untuk menancapkan eye bolt tersebut ke dalam benda sebelum diangkat. Eye bolt ini juga memiliki mata lingkaran yang berguna sebagai lubang pengait antar barang dengan alat angkat ( Hook, Shackle, dan lain-lain). Kekuatan penggunaan eyebolt dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Material

Eye bolt yang terbuat dari baja tentunya lebih kuat dari yang terbuat dari material stainless steel. Dan eye bolt yang direkomendasikan untuk mengangkat hanyalah yang terbuat dari baja.

  • Sudut Angkat

Eye Bolt hanya bisa digunakan untuk mengangkat sampai dengan sudut angkat 45°. Semakin besar sudut angkat yang digunakan ( semakin mendekati 45° ) semakin berkurang kekuatan angkat dari Eye Bolt tersebut.

a. Kelebihan Dari Eye Bolt

Penggunaan eye bolt yang digunakan pada perkapalan, memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari eye bolt tersebut seperti :

  • Dapat digunakan untuk mengangkat berbagai jenis beban, termasuk yang tidak memiliki lubang kait.
  • Memiliki banyak variasi ukuran, sehingga lebih flexible dan bisa digunakan sesuai dengan jenis beban yang diinginkan.
  • Bisa dipasang dan dilepas kembali, sehingga memudahkan dalam pengaplikasiannya.

b. Kekurangan Eye Bolt

Tentu saja tidak hanya kelebihan yang dimiliki oleh eye bolt ini. Setiap benda tentu saja memiliki kekurangan. Untuk kekurangan yang dimiliki oleh eye bolt adalah :

  • Karena posisinya yang tegak lurus saat sudah dipasang, eye bolt ini tidak dapat mengangkat benda dengan sudut sling yang sempit ( lebih dari 45° ).

c. Type Eye Bolt

Eye bolt terbagi menjadi dua type yang bisa digunakan sesuai dengan type. Apa saja tipe tersebut, simak berikut :

  • Plain Pattern : Type ini dikhususkan hanya untuk pengangkatan lurus.
  • Shoulder Pattern : Dapat digunakan untuk pengangkatan dengan sudut maksimal 45°, tetapi dapat juga digunakan untuk pengangkatan lurus.

Nah setelah mengenal eye bolt dan mengetahui kekurangan serta kelebihannya, Anda juga sudah mengetahui type eye bolt.

Sekarang Anda bisa perhatikan petunjuk pemasangan eye bolt dan penggunaanya yang benar.

  • Working Load Limit (WLL) eye bolt yang tertulis pada katalog adalah nilai working load dari eye bolt sebelum dikurangi dengan rumus pengurangan pengangkatan dengan eye bolt ( dikurangi 25% untuk pengangkatan lurus dan dikurangi 30% untuk pengangkatan maksimal 45°).
  • Working Load Limit (WLL) Eye bolt akan berkurang jika eye bolt digunakan untuk mengangkat barang.
  • Jika dilakukan pengangkatan dengan sudut, tipe eye bolt yang harus digunakan adalah tipe shoulder pattern eye bolt, tidak boleh menggunakan plain pattern eye bolt.
  • Jika mengangkat dengan eye bolt, maka sling yang digunakan untuk mengangkat, posisinya harus sejajar arak lekuk mata eye bolt.

Petunjuk Pemasangan Eye Bolt Dan Cara Penggunaannya  Petunjuk Pemasangan Eye Bolt Dan Cara Penggunaannya

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Shoulder Pattern Untuk Angkat

  • Sudut angkat eye bolt maksimal adalah 45°.
  • 1 Sling tidak boleh digunakan untuk mengangkat dengan 2 eye bolt, sehingga membentuk segitiga.
  • Jika ketebalan dari benda yang diangkat lebih dari panjang diameter eye bolt, maka gunakanlah satu baut untuk mengunci ulir eye bolt tersebut. Tetapi jika ketebalan dari benda yang diangkat sama atau kurang dari ukuran diameter eye bolt, maka gunakanlah 2 baut untuk mengunci eye bolt tersebut dari atas dan bawah.

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Plain Pattern Untuk Angkat

  • Jika benda yang diangkat terbuat dari besi dan lubang ulirnya tidak tembus, maka ketebalan benda yang diangkat harus 1.5 x diameter mata eye bolt.
  • Jika benda yang diangkat terbuat dari alumunium dan lubang ulirnya tidak tembus, maka ketebalan benda yang diangkat harus 2.5 x diameter mata eye bolt.

Dengan informasi yang Kami berikan tersebut, tentunya diharapkan semua yang menggunakan eye bolt ini dapat dilakukan pemasangan dengan benar berfungsi dengan maksimal. Jika Anda membutuhkan eye bolt ini, Anda bisa hubungi Kami UD.Samudra Jaya hubungi Kami sekarang juga.

UD Samudra Jaya © 2015-2017
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!