Mengenal Jenis-Jenis Dan Bentuk Hook

Mengenal Jenis-Jenis Dan Bentuk Hook adalah artikel yang akan Kami bagikan selanjutnya setelah Kami memberikan informasi mengenai jenis-jenis jangkar kapal. Seperti yang diketahui, hook adalah salah satu peralatan kapal yang tidak kalah penting keberadaanya, hal ini karena hook memiliki fungsi yang sangat besar yaitu sebagai penyambung. Namun tentu saja hook yang digunakan pada kapal memiliki jenis yang berbeda-beda yang bisa dibedakan berdasarkan jenis dan fungsinya.

Apa saja jenis-jenis hook tersebut ?

Berikut adalah jenis-jenis hook kapal yang akan Kami bagikan, simak informasinya berikut :

-Berdasarkan Penyambungnya

eye hook dan clevis hook

Hook yang berdasarkan penyambungnya dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Clevis Hook

Clevis Hook merupakan jenis hook yang hanya digunakan pada rantai, tidak bisa pada wire rope sling, tetapi hook atau ganco jenis ini lebih fleksibel karena dapat langsung dipasang dengan mata rantai tanpa perlu dipasangkan dengan connecting link / Hammerlock terlebih dahulu.

  • Eye Hook

Jenis hook yang satu ini dapat dipasangakn pada wire rope sling atau chain sling / rantai, namun pada penggunaan hook atau ganco jenis ini membutuhkan connecting link / hammerlock jika disambungkan dengan rantai atau chain sling sehingga membutuhkan biaya tambahan.

-Berdasarkan bentuk dan kegunaan :

Menurut bentuk dan kegunaannya, hook dibagi menjadi :

  • Sling Hook

Hook jenis ini adalah hook yang digunakan pada wire rope sling atau chain sling. Sling hook ini diaplikasikan di general industry atau semua industri yang membutuhkan wire rope sling dan chain sling untuk alat pengangkatan.

  • Grab Hook

Grab hook adalah jenis hook yang digunakan sebagai pemendek rantai agar rantai sesuai dengan kebutuhan. Grab hook juga digunakan dalam berbagai macam industri yang menggunakan rantai sebagai peralatan pendukung pekerjaan.

  • Foundry Hook

Foundry Hook digunakan pada aplikasi pengecoran, yaitu khususnya pada industri konstruksi.

sling hook, grab hook, foundry hook

  • Sorting Hook

Sorting Hook merupakan hook yang digunakan pada aplikasi pengangkatan pipa-pipa, karena bentuknya disesuaikan dengan bentuk pipa. Sorting hook ini digunakan pada industry yang memiliki pipa-pipa untuk pendukung pekerjaan.

  • Barrel Hook

Barrel Hook ini digunakan pada aplikasi pengangkatan drum-drum atau bisa juga disebut dengan barrel. Hook jenis ini digunakan pada industri yang menggunakan Drum sebagai alat pendukung kegiatan pekerjaannya.

  • Sliding Chocker Hook

Sliding choker hook adalah hook untuk mengikat atau mengunci barang yang akan diangkat dengan posisi Choker (Mencekik / mengikat) agar tidak terjatuh. Hook jenis ini digunakan pada industri-industri berat yang banyak mengaplikasikan Lifting Equipment.

sorting hook, barrel hook,Sliding Chocker Hook

  • Anchor Line Hook

Anchor Line Hook digunakan untuk winch line dalam aplikasi menambat kapal. Anchor line Hook ini hanya digunakan pada industri perkapalan.

  • Swivel Hook

Swivel Hook merupakan hook dengan penyambung yang memiliki poros sehingga dapat berputar saat mengangkat barang. hook ini didesain memiliki poros sebagai alat untuk menyeimbangkan beban saat berputar dan juga mempertahankan bentuk wire rope agar tidak cepat rusak. Hook ini dapat digunakan pada berbagai industri Lifting.

  • Twisted Hook

Twisted Hook adalah hook yang memiliki bentuk penyambung agak sedikit berputar. Fungsinya adalah untuk aplikasi logging yaitu yang melibatkan pengangkatan dan pendistribusian kayu di dalam ataupun di luar hutan.

Anchor Line Hook, swivel hook, twisted hook

  • Clamp Hook / Tractor Hook

Clamp Hook atau tractor hook adalah jenis hook yang menggunakan penyambung atau penghubung berbentuk seperti shackle. Hook jenis ini digunakan pada traktor atau truk pengangkut kayu pada aplikasi Logging. Hook ini digunakan sebagai penyambung rantai yang digunakan untuk mengikat kayu balok untuk diangkat atau dipindahkan.

  • Shurlock Hook

Shurlock Hook adalah Hook yang memiliki pengunci otomatis yang jika diberi beban pada pengaitnya, maka akan mengunci secara otomatis. Shurlock hook ini di desain untuk keamanan dalam penggunaan hook sebagai alat angkat. Kegunaan dari Shurlock hook yaitu digunakan pada aplikasi lifting tetapi tidak menutup kemungkinan hook ini juga bisa digunakan untuk aplikasi towing.

Clamp Hook dan Shurlock Hook

-Berdasarkan Pengamanan Atau Penguncinya :

Jenis hook berdasarkan pengaman atau penguncinya dibagi menjadi :

  • Hook With Safety ( Safety Hook )

Hook dengan safety hook memiliki keunggulan pengunci yang lebih kokoh dan disertai dengan magnet sehingga dapat terkunci dengan baik.

hook with safety

  • Hook With Safety Latch ( Safety Latch )

Hook dengan safety latch terlihat kurang kokoh, namun jika dilihat dari segi keamanan penggunaannya, hook ini sama-sama aman karena dibuat berdasarkan standard keamanan dan telah diuji sebelum diproduksi.

hook with safety lock

-Jenis Hook Berdasarkan Bahan Atau Materialnya

  • Alloy Hook

Alloy hook adalah hook yang dibuat dengan material Alloy steel yaitu besi yang mengandung kandungan karbon yang berubah-ubah dan juga logam-logam lain seperti kromium, vanadium, molybdenum, nikel, tungsten dan sebagainya.

Jika diklasifikasikan menurut kadar karbonnya, besi alloy ini dibagi menjadi  :

  • Low Alloy Steel, Jika elemen paduannya kurang dari 2.5 %
  • Medium Alloy Steel, Jika elemen paduannya antara 2.5 – 1- %
  • High Alloy Steel, Jika elemen paduannya lebih dari 10 %
  • Carbon Hook

Carbon hook adalah hook yang dibuat dari bahan material Baja karbon yang artinya baja yang terdiri dari campuran Machinem, Machinery, dan Mild Steel. Jika diklasifikasikan menurut campurannya, baja karbon ini dapat dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Low Carbon Steel, Jika kadar campuran antara 0.05 – 0.30 %
  • Medium Carbon Steel, Jika kadar campurannya antara 0.30 – 0.60 %
  • High Carbon Steel, Jika kadar campurannya antara 0.60 – 1.50 %.

Sudah mengenal hook kan ? Nah Kami UD.Samudra Jaya menyediakan semua jenis hook tersebut. Jika Anda membutuhkannya segera hubungi Kami.

UD Samudra Jaya © 2015-2018
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!