Cara Merawat Jangkar Kapal Agar Tidak Cepat Karat

Cara Merawat Jangkar Kapal Agar Tidak Cepat Karat – Jangkar kapal yang digunakan setiap hari dan terus menerus pada kapal dapat menimbulkan sebuah pembentukan karat akibat dari peristiwa bertemunya jangkar dengan air. Seperti halnya sebuah besi, jangkar kapal juga akan mengalami kerusakan yang berupa timbulnya karat pada permukaan atau bagian lain pada jangkar kapal. Untuk itu perlunya kita untuk dapat memelihara dengan baik agar peristiwa tersebut tidak terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut, perawatan dan pemeliharaan haruslah dilakukaan. Berbagai langkah perawatan bisa dilakukan oleh anda pemilik jangkar kapal agar tidak cepat karat, langkah tersebut bisa dilakukan pada saat penggunaan dan pada saat tidak dipakai.

Untuk perawatan pada saat jangkar kapal digunakan Kami UD. Samudra Jaya dibawah ini akan berbagi cara untuk merawat jangkar kapal agar tidak cepat berkarat, antara lain :

1. Sebelum kapal berlayar
Sebelum kapal hal-hal yang perlu dilakukan pada jangkar kapal antara lain: pembersihan jangkar kapal dari lumpur, hal ini bisa dilakukan saat jangkar kapal di tenggelamkan atau di cerukkan pada air.

2. Saat kapal sudah berlayar
Pada saat kapal telah berada di laut bebas, jangkar kapal yang telah digunakan kemudian diamankan dengan melakukan pengencangan dan jangkar kapal di Derek ke atas dalam kedudukan bekerja agar jangkar kapal dapat berfungsi dengan baik.

Perawatan jangkar kapal pada saat tidak digunakan bisa dilakukan hal-hal berikut antara lain:

1. Pembersihan jangkar kapal yang telah digunakan agar terbebas dari lumpur atau kotoran lain.

2. Pelumasan bahan anti karat pada permukaan jangkar kapal
Untuk bagian ini, pelumasan bisa dilakukan dengan bahan yang sesuai untuk bahan besi seperti varmasin.

3. Memberikan lapisan pipa yang telah dicat dengan cat anti karat atau korosif dengan cat biasa (Top coating). Bisa juga dengan memberikan lapisan timah seperti pada kaleng.

4. Jika telah terjadi karat, cara untuk menghilangkan lapisan karat tersebut dengan diketok palu ketok, dibersihkan dengan amplas untuk menghilangkan sisa kotoran yang terdapat pada permukaan jangkar, lalu dicat dengan dengan cat anti karat seperti sebelum terjadi karat. Setiap pengedokan Jangkar ditimbang bobotnya supaya beratnya sesuai dengan ketentuan BKI yaitu apabila berkurang 20% harus diganti. Dan apabila rusak ataupun pecah maka tidak boleh dicor ulang maka harus ganti baru.

Itulah beberapa cara merawat jangkar kapal agar terhindar dari karat, anda bisa melakukannya untuk jangkar kapal yang anda miliki dengan langkah tersebut diatas.

Jika anda membutuhkan jangkar kapal yang berkualitas yang terbuat dari bahan besi asli segera hubungi kami, Kami jual jangkar kapal dengan harga relatif murah. Awetnya Jangkar Kapal Tergantung Bagaimana Anda Merawatnya !!