Fungsi Dan Kegunaan Kawat Baja Untuk Perkapalan

Fungsi dan kegunaan kawat baja, atau dengan nama lain wire rope pastinya Anda sudah tidak asing. Terutama Anda yang sudah seringkali menggunakan kawat baja pada kebutuhan sehari-hari di dalam perkapalan. Namun kali ini Kami akan berbagi informasi kepada Anda mengenai fungsi dan kegunaan yang lebih lengkap untuk menambah wawasan Anda.

Anda yang akan menggunakan kawat baja, namun bingung dan takut salah terkait dengan fungsinya wajib membaca informasi dari Kami. Namun sebelum Kami memberitahukan mengenai fungsi dan kegunaan kawat baja, pada artikel sebelunya Kami telah memberitahukan informasi mengenai jenis kawat baja. Kali ini mari mengenal tentang kawat baja.

Pengertian kawat baja

Kawat baja adalah nama lain dari wire rope yang merupakan kumpulan kawat-kawat baja tipis atau wire yang dipilin menjadi satu kesatuan. Pilinan ini disebut dengan strand yang kemudian dipilin pada core sebagai inti dari wire rope atau kawat baja. Pertama kali ditemukannya kawat baja adalah oleh seorang insinyur pertambangan dari jerman yaitu Wilhelm Albert sekitar tahun 1831 sampai 1834. Pada awalnya digunakan untuk aplikasi di industri pertambangan di pegunungan Harz di Clausthal, Lower Saxony, Jerman.

Meskipun pada awalnya kawat baja hanya digunakan pada sebagian kecil industri, namun karena fungsinya yang sangat membantu membuatnya banyak digunakan. Jenis kawat baja pertama buatan dari Willhelm Albert terdiri dari tiga helai yang terdiri dari empat kabel masing-masing. Kemudian pada tahun 1840, Scotsman Robert Stirling Newall memperbaiki proses lebih lanjut. Sedangkan di Amerika, kawat baja diproduksi oleh John A. Roebling, yang dia mulai pada tahun 1841 dan memulai keberhasilannya dalam membangun jembatan gantung.

Kegunaan Kawat Baja Pada Perkapalan

Aplikasi Kawat BajaTidak lepas dari bidang industri, di dunia perkapalan kawat baja juga banyak digunakan. Hal ini karena kawat baja memang berfungsi sangat baik untuk kapal. Adapun untuk fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Digunakan pada aplikasi pemindahan kapal setelah di produksi ataupun setelah masuk bengkel.
  2. Penggunaan pada aplikasi towing ( tarik ) kapal, baik kapal yang sedang mengalami kerusakan di tengah laut ataupun kapal yang kehabisan bahan bakar.
  3. Digunakan pada aplikasi penarikan penarikan tongkang yang biasa digunakan untuk mengangkut batu bara, pasir, dll untuk didistribusikan lewat laut.
  4. Juga digunakan pada aplikasi penarik jangkar, pagar kapal, katrol sekoci, dll.

Nah apabila Anda bergerak di bidang perkapalan, pastinya Anda mencari kawat baja yang benar-benar berkualitas untuk memudahkan dalam aplikasi perkapalan. Jika Anda mencari kawat baja yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan perkapalan Anda, maka Anda bisa dapatkan di tempat Kami. Kami yang merupakan distributor peralatan kapal, supplier peralatan kapal sekaligus pusat penjualan alat kapal menyediakan kawat baja untuk Anda.

Kawat baja yang tersedia di tempat Kami hanya kawat baja yang berkualitas dan berstandar Indonesia. Anda cukup konsultasikan pada Kami mengenai jenis dan harganya.

UD Samudra Jaya © 2015-2018
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!