Sejarah, Jenis-Jenis Rantai Kapal Dan Fungsinya Secara Lengkap

Mengenal Sejarah, Jenis-Jenis Rantai Kapal Dan Fungsinya Secara Lengkap untuk membantu Anda yang akan membeli rantai untuk kapal Anda namun belum mengerti jenis dan fungsinya. Nah dengan informasi yang akan Kami berikan berikut tentunya diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada Anda untuk menemukan rantai yang sesuuai dengan kebutuhan Anda.

Namun sebelum mengenal jenis dan juga fungsi rantai kapal ada baiknya untuk Anda mengetahui bagaimana sejarah rantai kapal.

Sejarah, Jenis-Jenis Rantai Kapal Dan Fungsinya Secara Lengkap*Sejarah Rantai Kapal

Rantai kapal adalah salah satu peralatan kapal yang terbuat dari besi (iron cables) yang pertama kali diciptakan oleh Robert Flinn seorang pandai besi, dimana rantai tersebut digunakan pada kapal Ann & Isabella. Lloyd’s Register Rules yang pertama kali menetapkan jumlah panjang rantai kapal yang akan dipakai pada sebuah kapal. Pada tahun 1808 Samuel Brown, seorang Letnan angkatan laut memasangkan rantai dari besi pada kapal angkatan laut bernama Penelope dan mengujinya pada pelayaran ke Hindia Barat untuk membuktikan superioritas dari rantai besi tersebut.

Kemudian pada tahun 1818 Samuel Lenox sepupu dari Samuel Brown mendirikan bengkel pembuat rantai besi, lalu Mereka membuat rantai besi yang lebih kuat dengan menambahkan stud pada rantai besinya tersebut. Rantai besi yang memakai stud dipatenkan pada tahun 1819 oleh Brown dan Philip Thomas.

*Jenis-Jenis Rantai Kapal

Setelah mengetahui sejarah rantai kapal, mari mengenal jenis-jenis rantai kapal. Mengenai jenis-jenis rantai kapal ini, terdiri dari berbagai jenis yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda setiap jenisnya, jenis-jenis rantai kapal tersebut seperti :

  • Rantai Jangkar / Anchor Chain

Rantai Jangkar / Anchor Chain

Rantai jangkar yang biasa disebut dengan anchor chain atau stud link chain ini adalah salah satu rantai yang paling banyak digunakan pada perkapalan, karena rantai jangkar ini digunakan dengan dihubungkan pada jangkar kapal dan kapal sehingga jangkar kapal ini akan berfungsi dalam proses penambatan kapal yaitu untuk menurunkan dan menaikkan jangkar.

Rantai jangkar ini tersedia dalam berbagai ukuran dan grade, Grade dari rantai jangkar ini digolongkan menjadi 2 golongan yaitu U2 dan U3 sehingga bisa disesuaikan dengan kekuatan kapal yang akan digunakan. Rantai jangkar ini juga dilengkapi dengan aksesoris seperti : Kenter segel / kenter shackle, Joining segel, Anchor segel/segel jangkar, Swievel Piece atau kili kili.

  • Rantai Baja (lifting chain)

Rantai Baja (lifting chain)

Jenis rantai kapal selanjutnya adalah rantai baja, rantai baja ini disebut juga dengan lifting chain hal ini karena rantai ini memang paling banyak digunakan untuk aplikasi lifting chain ini. Penggunaannya yaitu untuk mengangkat barang, pintu palka, dan untuk alat bantu menarik.

Penggunaanya yang digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat inilah maka rantai ini dibuat dari baja yang sudah terkenal dengan kekuatannya. Rantai ini digunakan pada industri mining, lifting, marine, oil & gas, transportation dan ship building. Penggolongan rantai baja ini adalah berdasarkan grade yaitu grade 80 – 100.

  • Rantai Galvanis

Rantai Galvanis

Rantai galvanis adalah jenis rantai yang terbuat dari besi yang di galvanis. Di kapal rantai galvanis ini digunakan untuk aplikasi pagar, mengikat barang dapra, pemberat trawl, dekorasi dan masih banyak lagi. Meskipun rantai galvanis ini sama digunakan untuk aplikasi lifting sama seperti rantai baja, namun tentunya berbeda karena rantai galvanis ada berbeda karena rantai galvanis hanya digunakan untuk pengangkatan pada aplikasi offshore yang membutuhkan rantai dengan ketahanan karat tinggi.

Rantai galvanis ini tidak digolongkan dengan grade seperti rantai lainnya, tetapi hanya digolongkan dengan nilai kekuatan angkatnya.

  • Rantai Stainless Steel

Rantai Stainless Steel

Rantai Stainless Steel adalah rantai dengan finishing stainless steel yang lebih mengkilap dari rantai galvanis, mengandung kandungan stainless dengan nilai SUS 304 atau 316. Rantai ini berbeda dengan jenis rantai lainnya, karena rantai ini tidak digunakan untuk aplikasi mengangkat. Hal ini karena nilai breaking load pada rantai iniĀ  yang rendah dan biasanya rantai ini digunakan untuk aplikasi dapra, mengikat (lashing), pemberat trawl, pagar, dekorasi dan masih banyak lagi.

Nah sudah mengetahui sejarah rantai kapal, jenis-jenis dan fungsinya secara lengkap pada penggunaan di perkapalan bukan? Setelah Mengenal Sejarah, Jenis-Jenis Rantai Kapal Dan Fungsinya Secara Lengkap tentu Anda sudah tidak bingung lagi untuk membeli rantai kapal yang sesuai dengan kebutuhan Anda kan?

Jika Anda membutuhkan rantai kapal yang sesuai dengan kebutuhan peralatan kapal Anda, Anda bisa dapatkannya di tempat Kami UD.Samudra Jaya. Kami menyediakan berbagai jenis rantai kapal tersebut dalam berbagai pilihan ukuran dan grade yang tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Informasi dan pemesanan rantai kapal berkualitas hubungi Kami sekarang juga.

Anda Masuk Dari Pencarian:

  • jenis jenis rantai kapal
UD Samudra Jaya © 2015-2017
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!