Jual Kawat Seling Permeter Surabaya Harga Termurah

Kawat seling atau wire rope merupakan kawat baja yang dipilin menjadi sebuah tali. Tali dari pilinan baja ini tentunya sangat kuat dan bisa digunakan untuk mengangkat ataupun menarik beban yang tergolong berat.

Industri yang saat ini memanfaatkan kawat sling antara lain adalah industri perkapalan, industri pertambangan, industri minyak dan gas, penggunaan di dermaga, sektor kelistrikan, sektor konstruksi, industri manufaktur, dan masih banyak lainnya. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang contoh penggunaannya, bisa membaca ulasan di bawah ini.

Kegunaan Kawat Sling Baja di Berbagai Jenis Industri

Kawat sling memiliki banyak kegunaan di bidang industri seperti yang telah disinggung di atas. Berikut rincian lengkap kegunaannya.

  1. Penggunaan Kawat Seling Dalam industri perkapalan

Kawat sling memiliki kegunaan dalam industri perkapalan, tepatnya digunakan untuk komponen crane agar bisa beroperasi, agar bisa mengangkat beban yang berat seperti kontainer. Beban yang ada di kapal atau tongkang kadang juga diikat dengan sling. Digunakan juga untuk menambatkan kapal di pelabuhan, tali biasa tak akan mungkin kuat menahan kapal saat berlabuh. Saat kapal atau tongkang sedang rusak, kawat sling bisa juga digunakan untuk menariknya. Proses dredging juga seringnya menggunakan kawat sling.

  1. Penggunaan Kawat Seling Dalam industri minyak dan gas

Saat menarik dan mengulur bor dalam pengeboran biasanya juga menggunakan kawat sling agar lebih kuat.

  1. Penggunaan Kawat Seling Dalam industri pertambangan

Di industri pertambangan, seling baja kadang dijadikan sebagai shovel atau dibuat menjadi clashell sehingga sangatlah berguna.

  1. Penggunaan Kawat Seling Dalam industri perikanan

Kegunaan kawat sling di industri perikanan yaitu sering digunakan untuk menarik jala penangkap ikan atau trawl. Jaring ikan memang terlihat ringan tapi sebenarnya tidak, jadi perlu tali sling untuk menarik dan mengangkatnya.

  1. Penggunaan Kawat Seling Dalam sektor konstruksi

Bidang konstruksi tentu melibatkan alat serta bahan berat sehingga kawat sling sangat banyak digunakan seperti untuk mengangkat atau menurunkan elevator. Digunakan juga sebagai kawat pendukung untuk tower crane. Kawat sling juga bisa digunakan untuk mengangkat alat paku bumi. Pegangan jembatan juga sering menggunakan kawat sling.

Sangat banyak kan kegunaan kawat baja sling dalam berbagai industri? Sebenarnya masih ada lagi industri yang menggunakan kawat sling seperti digunakan untuk menstabilkan antena atau tower dalam industri telekomunikasi, untuk mengikat dan menarik kayu dalam industri logging, serta sering digunakan juga dalam pembuatan gondola.

JenisJenis Kawat Sling

jenis kawat bajaKawat sling ternyata tidak hanya dibagi berdasarkan besar kecilnya ukuran tapi juga dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan penggunaannya di lapangan, kondisi lapangan, serta penerapannya. Berikut macam dan jenis kawat sling yang dimaksud.

  1. Wire Rope Sling

Sling satu ini terbuat dari kawat baja yang dipilin. Pilinan tersebut kemudian dipilin lagi dengan pilinan lainnya dan diputar mengelilingi inti kawat. Jika menggunakan istilah begini penjelasannya, beberapa wire dipilin. Pilinan wire tersebut membentuk strand. Beberapa strand dipilin lagi dan dibuat mengelilingi core atau inti sehingga terbentuklah sebuah wire rope. Salah satu ujungnya atau kedua ujung wire rope sudah dibuat mata.

Wire rope sling sering digunakan untuk mengangkat barang, menarik barang, menambatkan kapal di pelabuhan, mengikat, dan masih banyak kegunaan lainnya. Untuk masalah pembuatannya biasanya disesuaikan dengan permintaan klien. Memang ada yang jual wire rope dengan harga dan ukuran tertentu, tapi kebanyakan pembeli melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pesanan wire ope tentunya disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pembeli.

Spesifikasi yang dimaksud meliputi ukuran, asal, core, putaran, konstruksi, dan finishing. Jadi pesanan pembeli proses pembuatannya berdasarkan spesifikasi tersebut. Biasanya ditanya juga terminasi apa yang diinginkan dan berapa jumlahnya. Untuk terminasi mata akan ditanya juga diameter matanya, penggunaan thimble tidaknya, ditambah aksesoris lain tidak, dan lain sebagainya. Ada banyak terminasi, pembeli bisa request bebas.

  1. Chain Sling

Chain sling memang tidak termasuk kawat sling tapi akan sedikit kita bahas karena termasuk dalam jenis sling. Chain sling adalah rantai sling, jadi di talinya dalam bentuk rantai, bukan bentuk pilinan kawat. Fungsinya hampir sama dengan wire rope sling yaitu untuk mengangkat ataupun menarik barang berat. Bentuk chain sling sangat banyak, anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Webbing sling

Tempat jual kawat seling baja biasanya juga menjual webbing sling karena webbing sling termasuk salah satu jenis sling. Webbing sling ini merupakan sling yang bentuknya seperti belt. Kegunaannya sama seperti kedua sling di atas yaitu untuk mengikat dan mengangkat barang tertentu.

  1. Round sling

Ada juga round sling yang merupakan sling sintetis berbentuk melingkar. Sling ini sangat pas untuk mengangkat dalam posisi choker.

Jenis Kawat Sling Berdasarkan Bahannya

Sling dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembentuknya. Ada yang baja galvanis dan ada yang tidak, berikut ini penjelasannya.

Fungsi Dan Kegunaan Kawat Baja Untuk Perkapalan

  1. Kawat sling baja galvanis

Harga kawat galvanis sangat mahal karena kawat sling ini melalui proses galvanisasi sebelumnya sehingga kawat sling akan tahan karat. Tahan karat bukan berarti tidak berkarat. Tetap berkarat tapi jangka waktunya lama, berbeda dengan kawat yang tidak mengalami proses galvanisasi.

Harganya yang tergolong mahal membuat kawat galvanis jarang dijual karena memang sedikit pembeli yang tertarik. Jumlah yang dijual biasanya tidak sebanyak kawat sling biasa. Para pembeli kawat sling galvanis kebanyakan memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan kawat yang diinginkan. Beberapa produk Cina sebenarnya ada yang menawarkan kawat sling galvanis dengan harga murah. Namun tentu kualitasnya berbeda dengan yang asli.

  1. Kawat sling baja ungalvanized

Kawat sling yang selanjutnya adalah kawat sling ungalvanized atau kawat yang tidak melalui proses galvanisasi sebelumnya. Kawat jenis ini lah yang sering digunakan dalam industri karena harganya yang lebih murah dan kualitas nya tetap bagus. Mungkin memang tidak seawet dan setahan karat kawat sling galvanis tapi kualitasnya tetap bagus.

  1. Kawat seling stainless

Kawat sling satu ini hanya digunakan oleh industri tertentu saja karena harganya yang sangat mahal. Ada dua jenisnya, yaitu kawat magnetic dan non magnetic. Untuk yang non magnetic sangat pas digunakan di dalam air laut karena lebih tahan karat. Sedangkan yang magnetik lebih pas digunakan di darat karena lebih tahan panas.

Selain ketiga jenis tersebut sebenarnya masih ada juga kawat sling kiswire, kawat sling tower yang digunakan untuk tower, dan kawat sling PVC yang dilapisi plastik. Demikian tadi sedikit penjelasan tentang kawat sling. Dari penjelasan bisa disimpulkan bahwa harga kawat sling yang paling murah dengan kualitas yang sudah bagus adalah kawat sling baja ungalvanized.

Apabila anda tertarik untuk membelinya atau ingin melihat harga kawat seling lainnya, anda bisa langsung menghubungi kami. Kami menyediakan berbagai jenis kawat sling yang sesuai dengan kebutuhan anda.