Sejarah Penemuan Jangkar Kapal Dan Pembuatannya

Sejarah penemuan jangkar kapal dan pembuatannya merupakan salah satu hal yang penting mengingat bahwa jangkar kapal ini salah satu peralatan kapal yang paling penting dan harus ada di setiap kapal, sehingga Anda harus mengetahuinya agar Anda mengetahui secara detail informasi mengenai jangkar kapal yang biasa digunakan.

  • Sejarah Jangkar Kapal

Awal mula penemuan jangkar ini adalah dari sebuah batu besar yang digunakan nelayan untuk menambat kapal di perairan. Sedangkan orang yunani kuno membuat jangkar dari karung yang diisi dengan pasir dan kayu log yang diisi dengan timah..

MenurutĀ  wikipedia Jangkar kapal ini adalah salah satu alat tambat kapal ke dasar perairan, laut, sungai, danau dan jenis perairan lainnya sehingga kapal tidak mudah berpindah tempat jika terkena hembusan angin atau arus. Desain jangkar kapal di desain sedemikian rupa untuk memudahkan jangkar kapal agar mudah tersangkut ke dasar perairan. Jangkar kapal ini dihubungkan dengan rantai yang terbuat dari besi ke kapal dan dengan tali pada kapal kecil, perahu. Jangkar biasanya dibuat dari bahan besi cor.

Seiring perkembangan jaman akhirnya pada abad ke-19 pembuatan jangkar menjadi sempurna. Dengan menggunakan perhitungan yang akurat, jangkar dibuat agar dapat menambat secara otomatis saat jangkar dilepaskan dari kapal masuk kedalam air laut. Setelah sampai pada dasar laut dan kapal bergeser, penambat yang ada pada jangkar akan masuk kedalam tanah sampai pada akhirnya kapal tertambat dengan sempurna.

Sejarah Penemuan Jangkar Kapal Dan Pembuatannya

  • Pembuatan Jangkar Kapal

Berdasarkan kegunaannya yang sangat penting untuk menambat kapal ke dasar perairan, tentu saja jangkar kapal dibuat sedemikian rupa sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Syarat yang harus dipenuhi untuk setiap jangkar kapal seperti berikut :

  • Jangkar kapal harus memenuhi persyaratan mengenai berat, jumlah dan kekuatannya
  • Panjang, berat dan kekuatan rantai jangkar harus cukup
  • Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat di lepaskan dari sisi luar bak rantainya.
  • Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya harus sedemikian rupa hingga jangkar itu dengan cepat dan mudah dilayani
  • Harus ada jaminan, agar pada waktu mengeluarkan rantai, dapat menahan tegangan-tegangan dan sentakan-sentakan yang timbul.

Jika jangkar kapal sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan tersebut, maka jangkar bisa digunakan pada kapal. Nah, dari penggunaan jangkar gaya yang bekerja pada jangkar antara lain:

  1. Gaya tekanan angin yang ada pada batas di atas permukaan air, di sini diperhitungkan super structure dan deck house
  2. Gaya tekanan air pada bagian bawah
  3. Gaya energi yang ditimbulkan oleh gelombang. System gaya dalam keadaan setimbang bila jumlah gaya luar T yang terdapat pada lubang rantai jangkar C akan sama besarnya dengan gaya tarik dari jangkar A sebesar TO dengan catatan arah TO terletak di bidang horizontal. Keseimbangan tidak akan terjadi kalau rantai di titik A membentuk sudut dengan bidang horizontal.

Meskipun pada dasarnya jangkar kapal memiliki fungsi untuk menambat kapal, namun fungsi jangkar kapal tentunya juga ada yang lainnya Anda bisa melihat di artikel Kami sebelumnya. Nah selain dari fungsi jangkar kapal yang bermacam-macam, tentu saja jenis jangkar kapal juga bermacam-macam, hal ini karena setiap kapal memerlukan jangkar kapal yang berbeda-beda untuk menghasilkan fungsi yang berkualitas.

Setelah mengetahui Sejarah Penemuan Jangkar Kapal Dan Pembuatannya tentu Anda sudah menambah ilmu tentang jangkar kapal tersebut bukan? Nah jika Anda membutuhkan jangkar kapal untuk kebutuhan kapal Anda, Anda juga bisa menghubungi Kami UD.Samudra Jaya. Karena Kami menyediakan jangkar kapal berkualitas yang bersertifikat sehingga tentunya kualitas tidak dapat diragukan.

Untuk pemesanan jangkar kapal hubungi Kami 087856160759 sekarang juga.

UD Samudra Jaya © 2015-2018
error: Jangan nyuri artikel disini bos, kalau mau copas/nyuri, minta ijin dulu ya !!